Cuma Pingin Tidur #ceritabali1

Welcome to Bali!! tulisan pertama yang kulihat setelah keluar dari pelabuhan sepanjang jalan menggunakan Bis aku cuma bisa bilang "masya Allah Bali". Masuk Bali kayak masuk kedalam zaman penjajahan keraton-keraton gitu.. rasanya seperti melewati portal ke masa lalu. Budayanya kental banget. setiap rumah dipasang sesajaen, banyak patung berdiri sepanjang jalan bahkan di tempat-tempat yang ga cocok dikasih patung pun ada patungnya, rumah yang lekat dengan pure-pure tempat ibadah menjadi perpaduan yang mistis, jadul, dan banyak tulisan aksara jawa bali di bawah tulisan yang berbahasa indonesia/inggris. Suasana kekompakan yang hangat..
    Saat kota-kota di pulau jawa berlomba-lomba membangun gedung tinggi mewah dan modern, Bali tetap memadukannya dengan adat dan kebudayaan. Bali adalah tempat berlibur yang menyenangkan ..Sepertinya inilah kesan pertama saat melihat Bali itu sendiri. Tentunya Baliku akan berbeda dengan bali yang kau lihat.
    Perjalanan ke Bali memang sangat tidak terencana, apalagi anggota-anggota keluarga yang mau ikut berkurang sampai menuju hari H. Akhirnya tingal aku, ibu, bibi dan satu ponakanku yang laki-laki. Karena takut sulit menemukan makanan halal disana akhirnya kami memutuskan untuk membawa apa saja yang bisa dibawa, tentunya jatuhnya adalah... 'berlebihan'. Kalo kata orang si pengalaman bisa menjadi guru terbaik, dan tentu saja perjalanan Bali kami ini adalah perjalanan dengan seribu guru terbaik yang mengajarkan kami banyak hal. Cukup 5 hari saja aku bisa membuat perjalanan ini menjadi cerita yang ber-episode di blogku. hhe..  kalo ga cukup aku bikin part 2, bosen bisa skip kok. amaan

Day 1: hari pertama adalah hari dimana perasaan masi excited akan semua gambaran bali dikepala, tapi ya bisa dipastikanlah setelah 4 jam dan 5 jam berlalu wajah sudah penuh dengan hinyai (minyak di wajah). taulah gimana rasanya naik bis dari jawa barat ke sana.. wkwk  badan sakit semua. Cuma ada satu hal sih yang indah,, yaitu saat melewati pelabuhan. Jujur aku orang yang paling ga suka naik kapal laut, entah karna baunya atau goyangan (ea goyangan) kapalnya selalu bikin mual.. tapi pemandangan laut waktu itu bener-bener tenang dan damai. pas merenung seperti itu pasti teringat saat waktu kecil.. saat menyebrang dari kepri (kepulauan riau) ke riau atau dari riau ke jawa. Kapal-kapal seperti inilah yang mengingatkan akan memori masa kecilku.. dulu saat masi sd kelas 1 takut banget sama laut, karena selalu ada aja orang yang melakukan simulasi pemakaian pelampung di tempat duduk penumpang, pasti bilangnya selalu "untuk mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan" anak kicik seumuranku kan liar imajinasinya. Pas kapal goyang dikit aja kami langsung pasang muka tegang takut jatuh dan lain sebagainya. Ya ujungnya pasrah sambil berdzikir (disuruh ibu), karna jujur ibuku sendiri pun takut saat itu. Akhirnya aku tak pernah menikmati yang namanya melihat air atau apapun itu yang berbau laut-laut dan kapal laut. Tapi berbeda yaa saat ini.. hhe laut itu indah ko walau emg baunya bikin pucing. Pas udah sampai di pelabuhan gilimanuk kita langsung disambut dengan tulsan "Welcome to Bali" tentu dengan patung raksasa juga yang ikut menyambut. Siang menjelang sore itu kami sampai dengan selamat..

masi day 1, jujur perjalaan naik bis sangat ga rekomen buat pemuda jompo seperti aku, apalagi orangtua yang sudah berumur. Sakit banget.. sebadan-badan tentunya. Sedih banget karena perjalanan ini ibu jadi sedikit demam di jalan. :'( Walaupun kita sedikit terlambat dari jadwal yang sudah disediakan travel. akhirnya  hari itu kita cuma bisa ke destinasi Tanah Lot saja. Tapiiiiii... tanah lot tuh bener-bener indah paripurna. Katanya si itu adalah hasil batu karang (tempat meditasi) yang dipindahkan oleh seorang legenda dang hyang ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual gitu. makanya dinamakan tanah lot yang artinya batu karang yang berada ditengah lautan. Walaupun badan sakit semua dan yang difikiran cuma mau ke hotel buat lurusin persendian, asli.. capek bgt, tapi menikmati tanah lot sedikit menyenangkan hati dan menyegarkan mata. Seru deh buat bikin reels.. aku juga buat koo.. hhe

Setelah dari tanah lot, siang jam 2 an kita makan, dan pulang itu agak sore dan cukup mendung. Pulang ke hotel adalah penantian kaum bis 2 wkwk. pas liat hotel yammpuun girangnyaaa.. karna ga sabar rebahaan gtu lo. Asli, aku baru lagi ngerasain deep sleep, ga mimpi ga apa, tidur aja gitu.

Day 1 Finish, next part aku bahas day 2 dan day 3 yaa
nih aku kasi foto2 di tanah lot yaaa..