Sok "Perfect"

Berdasarkan salah satu ceritaku di akhir tahun 2021 lalu. 

Hari ini Desember tangga 11, di sore yang dingin karna hujan masi turun deres banget berhasil membuat mood ku turun banget karna sore ini aku dikasi kuis yang waktunya cuma 45 menit. Bukan karna kuisnya tapi karna keadaan sekitar yang menjengkelkan.. laptopku di servis, hapeku mati, petir sambar sana sini, kakak minta dijemput pake payung sedangkan aku lagi ngerjain kuis. Ya tapi ujung-ujungnya aku telat juga mengumpulkan dan resikonya ya nilaiku dikurangi, plus beberapa pertanyaan ga terjawab karna banyak noise disekitar, jengkel dan sedih amat sangat tapi ya sudah terjadi.

Dari curhatku sejujurnya sikapku barusan cukup menjengkelkan, seperti kenapa si cuma telat ngumpulin bbrapa menit aja mesti kesel? Kenapa si cuma kuis doang bukan ujian juga musti sedih bgt karna ga kejawab beberapa soal. Selow aja kali itu kan cuma kuis, santai aja toh kuis cuma mempengaruhi nial sekian persen... 

Aku tau, tau bangettt... Beruntung bgt ya yang punya perasaan selow kayak gitu. Kok aku ga bisa santai gtu yaaa? Sering bgt aku sambat begitu, tapi aku tetep jadi anak yang ribet dan sedih kalo terlambat mengumpulkan kuis dan ga bisa menjawab beberapa pertanyaan, aku selalu merasa payah. 

Akhir tahun 2022 (10 Oktober)

Kebayang ga si aku selalu punya cara untuk menyalahkan diri sendiri waktu itu, ternyata Rima begini orangnya, gitu orgnya. Yang ku bisa saat ini adalah menerima itu semua dan berusaha untuk tidak menyakiti dan menyalahkan diriku sendiri. Hari ini aku harus belajar untuk tahu bahwa seburuk apapun hasil yang kita terima dari usaha kita, ga ada yang sia-sia. Udah siang malam belajar matkul ini, eh tiba2 ga jadi kuis.. gpp ga sia-sia ko ilmunya. Udah banting tulang kerja untuk nyari duit tapi ga kaya kaya, gpp.. kita dapet pengalaman dari pekerjaan itu. Udah diet, olahraga dan makan teratur terus terusan tapi berat badan cuma turun sedikit, gpp.. siapa tau ternyata yg bikin angkanya turun sedikit adalah masa otot kamu yg bertambah menggantikan lemak tubuh. Sekali lagi, ga ada yang sia sia.. apalagi hal yang dilakukan untuk Allah. Semua diperhitungkan, bahkan kebaikan sebesar biji dzarrah akan dibalas loo.

Rima waktu itu sebenernya udah baik banget lo, mengantisipasi kegagalan dengan melakukan semuanya sebaik dan se perfect mungkin. Belajar dengan tekun dan semaksimal mungkin memanfaatkan sisa waktu mengumpulkan hasil ujian yang terbaik, walau satu dua soal tak terjawab kan.. ya gpp rim, yang penting belasan soal sudah dijawab. Bukan keinginanmu kan ga menjawab? tapi karna keadaan yang hectic waktu itu. Bukan berarti kamu bodoh dan payah loh ga bisa jawab satu atau dua soal. kamu tetep Rima yang bijak dan cerdas.. 

aku ucapkan selamat kepada kamu yang dulu, yang akhirnya mau menerima semua dengan lapang dada dan tidak protes ke Allah. Kamu boleh boleh sedih.. kecewa dgn hasil yg ternyata belum seperti yg di harapkan, tapi kamu tidak boleh kufur nikmat bahwa kamu satu-satunya org yang tersakiti, satu-satunya org yg gagal, yg payah, yg bodoh. Selamat berjuang untuk Rima di hari ini, nanti dan akan datang, selamat berjuang juga untuk para Rima lainnya. Kita pasti bisa!! Insyaallah..

Selamat hari kesehatan mental sedunia, karena Allah selalu sayangi dan cintai kita apa adanya kita.

Comments

Popular Posts