Fenomena Juliters

Halo temen2 readers yang baik hati dan tidak sombong..  aamiin yaa. 
Semoga hari kalian secerah pagi ini, dijauhi dari rasa iri dengki dan suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Kali ini aku mau gibahin org yang gibah. Kalo ada yang heran, tenang.. gibah ini termasuk gibah halal/diperbolehkan karna tujuanku memang untuk jadi bahan pelajaran dan aku harap temen2 ambil positifnya.

Akhir-akhir ini entah kenapa aku merasa ternyata semua manusia itu berpotensi untuk berjulid. Tau kan ya julid? itu loo, keadaan seseorang yang meremehkan orang lainnya. Untuk lebih tepatnya bisa searching google aja deh yaa. Julid itu apakah sebuah tren ato apa tapi selalu terdengar dikupingku saat berinteraksi dengan orang-orang yang punya masalah. Yaa dalam artian yang ga ada masalah dalam idupnya ga pernah menjulid.

Perjulidan ini bahkan ga hanya kalangan perempuan yg terkenal punya seribu mulut, bahkan laki-laki yang terkenal berbicara lebih pakai logika. Kalo ditaksir tingkat kejulidannya hampir sama 😢. Seyuyurnya yg mereka julidkan adalah hal-hal yang kurang penting, bahkan kayaknya ga penting deehh. 

Terus pertanyaannya adalah kenapa semua manusia punya potensi berjulid? Ya Karna memang julid itu enak. Ngomongin org tu enaakk bgt, lebih enak daripada bahas skripsi.. wkwk yaila woe. Ya pokoknya setelah ngomongin tu ya ada rasa puas dalam diri kita entah siapa yang masukin, kurang ajar emg. Setan deh kayaknya.. (setan be like: lu deh yang kyaknya lebih setan). 

Secara Agama tentu julid memang ga berguna, bahkan dah mirip gibah, dan sudah jelas kalo gibah dalam agama itu ibarat makan daging sodara sendiri. Secara sosial juga julid merupakan kebiasaan buruk. Secara kesehatan juga ga sehat buat tubuh, bikin kita diliputi aura negatif dan jadi ga bahagia. Kayaknya ga ada yg bagus dari ngejulid, Karna memang identik dengan hal-hal negatif.

Coba sebutin 1 aja contoh julid positif deh.. "liat, rajin bgt ga si solatnya?" <-- apakah contoh ini positif? Hmm malah kesannya kita kayak menyiratkan dia sok sucii. Kalo pake "Masya Allah liat dia rajin bgt solatnya" (contoh ini malah terkesan bukan lagi julid tapi lagi muji). Benr2 ga ada ya contohnya.. coba komen deh, Wkwk kalo ada yg baca..

Termasuk aku, aku adalah pelaku perjulidan "bombastic side eye". Makanya aku bilang julid tu memberikan rasa puas, Karna aku kadang merasa puas aja setelah ngomongin org. Tapi secara sadar dan ga sadar.. walaupun hal itu adalah memang sesuatu yg salah. Misal ngejulid org yg pake rok mini hampir kelihatan atasnya. Walaupun memang dalam agama salah perilaku org itu, apakah perlu kita menjulid atau meng-underestimate-kan dia? Kayak "astagfirullah ih liat rok-nya". Kalo itu temen kita dan kita sayang ya ingetin, tapi kadang itu adalah orang lain yang ga kita kenal. Trus harusnya gimana? Ya harusnya kita kembalikan pada yang di atas. Kita bersyukur masih ada Rizky buat bisa beli rok yang panjang. (cukup bilang itu dalam hati). Kalo diutarain ke org ttp kesannya jadi julid 😭 se-harus hati-hati itu.

Manusia itu sifatnya suka mengeluh, tapi Allah menyediakan banyak solusi. Kalo posisi kita yang kena julid gimana? Apa ga sedih?? Reminder buat sayah. Trus kalo ngejulidin artis gimana? "Ih aku ga suka bgt sama Rizky billar, jahat, ga beradap" apakah termasuk julid? Yok coba ditebak masing-masing aja ya.. kan udah gede.

Tapi Lo.. kita aja punya kemungkinan ngejulidin orang, maka ga nutup kemungkinan juga kita bisa dijulidin orang. Allah dan rasul aja ga bisa bebas dari lisan manusia, apalagi kita yg cuma butiran debu angkasa. Tau ga kenapa bisa ada surah Al-Ikhlas yang bilang "Allah itu tidak beranak dan tidak diperanakan". Surah itu turun untuk membantah lidahnya manusia yang bilang kalo tuhan tu punya anak. Contoh lain adalah Rasulallah, beliau di fitnah sebagai orang gila, pembawa kesesatan dan sebagainya. Lagi lagi karna lisan manusia. 

Allah aja ga selamat dari lisan manusia. Nabi kita aja didzolimi dari lisan manusia. Lalu kita bisa ngerasa dunia ini ga adil bgt, dunia ini jahat bgt cuma karna dibilang kita jerawatan? Oemji.. tapi emg agak nyelekit si.  Pokoknya jangan harap selamat dari lisan manusia2 jahat. Dan ingat juga!! Kita berpotensi buat punya lisan manusia jahat itu.. tihati Lo.

Sebenarnya ni ya sebenernya. Kita bisa aja menghindari untuk tidak berjulid asalkan circle kita adalah circle yang saling support dan ingat mengingatkan dalam kebaikan. Kalo sulit dapetin circle itu, dan terlanjur punya circle yg ga support maka jadilah perintis kebaikan di circle yang ga support itu atau tetaplah menjadi org yg ber-aura positif untuk orang lain.

Sekian~

Comments

Popular Posts